Memahami Perbedaan Antara Pemasaran B2B dan B2C

No Comments

Pemasaran business-to-business (B2B) berbeda dengan pemasaran business-to-consumer (B2C). Meskipun Anda masih menjual produk kepada seseorang, pengalaman menunjukkan bahwa perbedaan antara kedua jenis pasar ini berjalan dalam.

Ketika Anda memasarkan ke B2B, Anda akan menyadari bahwa bisnis bekerja keras untuk merampingkan proses pembelian untuk menghemat waktu dan uang. Ini sering menjelaskan mengapa pembelian B2B lebih didasarkan pada logika dan mengapa pembelian konsumen sering lebih didasarkan pada emosi.

Memang benar bahwa biaya penjualan untuk pasar B2B bisa lebih mahal daripada pasar B2C. Cara termudah untuk menjelaskan hal ini adalah bahwa transaksi B2B sering lebih mempertimbangkan, melibatkan lebih banyak orang, dan membutuhkan lebih banyak pembuat keputusan. Klien B2B sering perlu membuktikan laba atas investasi untuk pembelian mereka.

Pemasaran B2B

Dalam pemasaran B2B, Anda ingin fokus pada logika produk dan fitur-fiturnya. Ada sedikit atau tidak ada emosi pribadi yang terlibat dalam keputusan pembelian, jadi Anda ingin fokus pada pemahaman pembeli Anda dan bagaimana mereka beroperasi dalam batas-batas prosedur organisasi mereka. Apa peran mereka? Apa yang penting bagi mereka?

Jenis pemasaran ini adalah tentang orang yang menggunakan produk lebih dari itu tentang produk itu sendiri. Jadilah lebih mendalam dengan materi pemasaran Anda. Pesan Anda yang paling efektif akan fokus pada bagaimana produk atau layanan Anda menghemat waktu, uang, dan sumber daya. Pengembalian investasi seperti apa yang dapat diharapkan pembeli dengan pembelian mereka?

Sebagai contoh, bayangkan bahwa perusahaan Anda menjual perangkat lunak produktivitas. Jika Anda memasarkannya ke bisnis, hal utama yang Anda butuhkan untuk dapat menunjukkan kepada calon klien Anda adalah bahwa menggunakan perangkat lunak akan menghemat uang mereka dalam bentuk waktu. Karena mereka yang menggunakan perangkat lunak akan dapat merampingkan pekerjaan mereka melalui penggunaan perangkat lunak Anda, karyawan akan dapat menyelesaikan lebih banyak hal dalam jumlah waktu yang sama. Karena ini kemungkinan akan menjadi pembelian yang signifikan bagi sebagian besar perusahaan yang membutuhkan beberapa lisensi perangkat lunak dan pelatihan yang memadai, mengharapkan proses penjualan melibatkan demonstrasi terperinci dan periode uji coba.

Pemasaran B2C

Ketika Anda memasarkan ke konsumen, Anda ingin fokus pada manfaat produk. Keputusan mereka lebih emosional. Konsumen juga berbeda karena mereka menuntut berbagai saluran distribusi untuk kenyamanan. Konsumen cenderung tidak tertarik pada pesan pemasaran yang panjang dan ingin Anda langsung ke intinya.

Konsumen tidak ingin bekerja untuk memahami manfaat Anda. Sebaliknya, mereka akan ingin Anda menunjukkan manfaatnya kepada mereka dengan jelas. Dengan konsumen, pesan Anda harus sederhana dan mudah dimengerti. Konsumen juga memiliki proses pembelian yang jauh lebih pendek daripada bisnis. Mereka dapat membeli dalam beberapa menit dalam beberapa hari.

Strategi pemasaran Anda yang paling efektif akan fokus pada hasil dan manfaat yang akan diberikan produk atau layanan Anda kepada mereka. Pelanggan akan ingin mendengar lebih banyak tentang bagaimana suatu produk atau layanan membantu mereka dan manfaat apa yang dibawanya kepada mereka secara pribadi. Fokus pada masalah atau titik rasa sakit yang Anda pecahkan.

Pertimbangkan lagi contoh perangkat lunak produktivitas. Apa yang konsumen ingin tahu adalah bagaimana perangkat lunak akan membuat hidup mereka lebih mudah. Jika menyertakan fitur kalender, bagaimana memasukkan informasi lebih mudah, dan bagaimana sinkronisasi dengan ponsel dan laptop anggota keluarga, dll.? Pelanggan Anda dalam contoh ini tidak mencari pengembalian investasi mereka. Mereka hanya mencari perangkat lunak yang akan membuat hidup mereka lebih mudah tanpa terlalu rumit.

Nah itu dia perbedaan antara strategi pemasaran untuk B2B dan B2C. Semoga dapat menambah pengetahuan dan dapat membedakan antara keduanya. Selanjutnya jika anda membutuhkan jasa digital marketing mulai dari branding hingga pengoptimalan konten dan kebutuhan marketing lainya, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia. 

Baca Juga : Pelajari Perbedaan Antara Market Research dan Marketing Research

Tentang kami dan blog ini

Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

Minta penawaran gratis

Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment