Pelajari Perbedaan Antara Market Research dan Marketing Research

No Comments

Ketika memulai untuk menjalankan bisnis, membuat asumsi tentang pelanggan, pasar, pesaing, atau sistem Anda dapat menyebabkan Anda membuang-buang waktu, uang,dan usaha. Untuk membuat keputusan yang efektif yang akan mengembangkan bisnis Anda dan menggunakan sumber daya Anda dengan bijak, Anda perlu menempatkan beberapa sumber daya tersebut untuk melakukan market research dan marketing research.

perbedaan antara market research dan marketing research
perbedaan antara market research dan marketing research

Market Research vs. Marketing Research

Market research melibatkan identifikasi “target” tertentu, dan berfokus secara eksklusif pada kelompok itu. Ini adalah penelitian ke dalam kelompok konsumen yang sempit untuk memahami perilaku dan motivasi mereka.

Marketing research memiliki ruang lingkup yang lebih luas. Ini digunakan untuk memeriksa seluruh proses pemasaran perusahaan,daripada hanya melihat konsumen yang ditargetkan perusahaan.

Pentingnya Market Research

Berhasil menjalankan dan mengembangkan bisnis Anda tergantung pada pemahaman target pelanggan Anda. Setelah Anda memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan, kebutuhan, dan nilai-nilai mereka, Anda lebih dapat mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan Anda.

market research adalah salah satu alat terbaik yang Anda miliki untuk memahami pelanggan Anda. Ini memberi Anda data keras yang dapat Anda gunakan untuk mendorong strategi pemasaran Anda, membuat pemasaran dan penjualan lebih mudah dan lebih efektif.

Market research dapat membantu Anda seperti:

  1. Meningkatkan komunikasi (Improve communication)

Ini mendorong komunikasi Anda tidak hanya dengan basis pelanggan Anda saat ini tetapi juga dengan prospek target. market research menunjukkan di mana pelanggan Anda dapat dijangkau, serta bahasa apa yang paling efektif dalam menarik perhatian mereka dan beresonansi dengan mereka pada tingkat emosional.

2. Mengidentifikasi kesempatan (Identify opportunity)

Market research membantu Anda mengidentifikasi peluang tingkat tinggi dan lebih mudah diakses untuk menjangkau dan mengubah pelanggan baru. Ini bisa menjadi cara terbaik untuk menemukan platform baru untuk iklan, masalah konsumen yang tidak Anda sadari, dan kesenjangan di pasar Anda yang dapat Anda isi.

3. Menurunkan risiko (Lower your risk)

Data konkret membuat Anda tetap fokus pada peluang nyata dan membantu Anda menghindari upaya yang tidak produktif. Ketika Anda memahami pelanggan Anda, Anda dapat menggunakan sumber daya Anda untuk menjangkau mereka secara lebih efektif, dengan risiko lebih sedikit membuang-buang waktu, uang, dan upaya pada inisiatif pemasaran yang tidak berhasil.

market research juga membantu Anda mengidentifikasi area berisiko rendah dan peluang tinggi di mana perusahaan Anda dapat memperluas atau menawarkan layanan baru.

Pentingnya marketing research

Marketing research penting untuk mengevaluasi apa yang ada dan tidak bekerja dalam model bisnis Anda. Ini termasuk penelitian tentang target pasar Anda, serta sistem dalam bisnis Anda yang membentuk kondisi pemasaran Anda.

Marketing research melihat setiap aspek dari Empat Ps( Four Ps) pemasaran: produk, harga, tempat, dan promosi. Ini termasuk:

  • Public Relations
  • Mode distribusi
  • Pengembangan produk/layanan baru
  • Promosi dan iklan
  • Harga
  • Kondisi pasar
  • Branding

Marketing research membantu Anda belajar tidak hanya apa yang diinginkan pelanggan Anda, tetapi seberapa sukses bisnis Anda dalam menjangkau dan terhubung dengan mereka. Ini membantu Anda mengidentifikasi masalah dan peluang, memperbaiki sistem Anda, dan mengevaluasi strategi pemasaran Anda.

Cara Melakukan Penelitian untuk Bisnis Anda

Meskipun mereka melihat berbagai aspek bisnis Anda, market research dan marketing research harus mengikuti pola pengumpulan dan analisis data yang sama.

  1. Tentukan masalahnya.

Mulailah dengan mengidentifikasi fokus penelitian Anda. Mengetahui pertanyaan apa yang Anda coba jawab akan membantu Anda menyusun penelitian Anda secara efektif.

  1. Tentukan anggaran dan jangka waktu Anda.

Berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk proses penelitian? Seberapa cepat Anda harus menyelesaikan pengumpulan data? Seperti semua strategi yang Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda, penelitian harus dilakukan dalam sumber daya yang tersedia. Namun, tergantung pada urgensi pertanyaan yang Anda jawab, mungkin ada baiknya menghabiskan lebih banyak uang untuk mendapatkan hasil yang paling komprehensif.

  1. Rancang metode dan kebutuhan Anda.

Identifikasi data apa yang perlu dikumpulkan dan bagaimana Anda akan mengumpulkannya. Beberapa pilihan adalah observasi, survei, panggilan telepon, atau fokus kelompok (focus groups). Jika Anda tidak yakin bagaimana menyusun pengumpulan data Anda, pertimbangkan untuk bekerja dengan perusahaan kami untuk melakukan riset secara profesional.

  1. Pilih metode sampling.

Bagaimana Anda akan memilih peserta untuk penelitian Anda? Anda mungkin memerlukan pengambilan sampel acak dari populasi umum konsumen, kelompok yang semuanya memiliki faktor gaya hidup tunggal yang sama, atau tanggapan hanya dari orang-orang yang sudah menjadi pelanggan Anda. Buat rencana untuk mengidentifikasi dan menghubungi peserta Anda.

  1. Rencana untuk analisis data.

Tentukan bagaimana Anda akan menganalisis data Anda. Apakah Anda memerlukan data kuantitatif untuk analisis statistik atau data kualitatif dan observasional untuk memberi Anda gambaran yang luas? Apakah Anda akan menggunakan perangkat lunak atau melakukannya dengan tangan? Luangkan waktu untuk belajar tentang berbagai metode analisis untuk menemukan salah satu yang terbaik akan menjawab pertanyaan penelitian Anda.

  1. Pengumpulan data.

Setelah Anda tahu pertanyaan apa yang ingin Anda jawab dan telah merancang metode penelitian untuk menjawabnya dalam batasan anggaran dan waktu yang tersedia, saatnya untuk mengumpulkan data. Banyak bisnis bekerja dengan perusahaan profesional atau konsultan untuk melakukan penelitian mereka yang sebenarnya.

  1. Analisis data.

Tidak peduli seberapa mudah data Anda tampak pada pandangan pertama, Anda akan atau ingin menggunakan metode analisis khusus untuk memastikan bahwa Anda memahami apa yang dikatakannya kepada Anda. Metode analisis yang Anda gunakan akan tergantung pada jenis data yang Anda kumpulkan. Ini juga harus ketika Anda memeriksa kesalahan, yang dapat terjadi dalam metode pengambilan sampel Anda, pengumpulan data, dan analisis.

  1. Buat laporan Anda.

Langkah terakhir dari proses penelitian adalah menyusun laporan tentang temuan Anda. Laporan Anda harus menguraikan seluruh proses penelitian, mulai dari mengembangkan pernyataan masalah Anda hingga hasil analisis data Anda.

Tidak peduli apa pun jenis penelitian yang Anda lakukan, Anda harus mengikuti metode penelitian lengkap untuk sampai pada kesimpulan yang akan menguntungkan bisnis Anda. Jika temuan Anda mengarah pada solusi untuk pernyataan masalah Anda, Anda akan dapat memutuskan langkah selanjutnya untuk bisnis Anda.

Jika Anda tidak dapat menjawab pertanyaan penelitian Anda, itu tidak berarti penelitian yang Anda lakukan salah. Anda mungkin menemukan bahwa Anda perlu mengajukan pertanyaan yang berbeda atau bahwa situasinya lebih rumit dari yang Anda perkirakan. Ketika itu terjadi, saatnya untuk melanjutkan penelitian Anda sampai Anda sampai pada solusi.

Baca Juga : Pengertian & Contoh Market Research

Tentang kami dan blog ini

Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

Minta penawaran gratis

Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts