7 Cara Merencanakan Kampanye Promosi yang Sukses
- 21 Oktober 2021
- Marketing & Sales, Optimasi Bisnis, Uncategorized @id
Rencana promosi adalah alat pemasaran yang berharga ketika datang untuk meluncurkan layanan atau produk baru atau memperluas jangkauan pasar Anda ke vertikal atau demografi baru. Saat merencanakan kampanye promosi, perlu diingat bahwa kampanye yang sukses mencapai semua hasil dan tujuan yang diinginkan berikut:
- Pesan promosi Anda menjangkau audiens yang Anda tuju dan ditargetkan.
- Audiens Anda memahami pesan Anda.
- Pesan Anda merangsang penerima, dan mereka mengambil tindakan.
Pertanyaannya adalah bagaimana Anda mencapai hasil ini dengan kampanye Anda. Prosesnya alami, tetapi membutuhkan waktu “perencanaan”. Berikut adalah tujuh langkah yang akan membuat kampanye Anda ke awal yang tepat.
- Menilai Peluang Komunikasi Pemasaran
Sangat penting untuk memeriksa dan memahami kebutuhan target pasar Anda. Kepada siapa pesan Anda? Pengguna saat ini, influencer di antara individu, pembuat keputusan, kelompok, atau masyarakat umum?
- Saluran Komunikasi Apa yang Akan Anda Gunakan?
Pada langkah pertama perencanaan, Anda seharusnya mendefinisikan pasar, produk, dan lingkungan. Informasi ini akan membantu Anda dalam memutuskan saluran komunikasi mana yang paling bermanfaat. Apakah Anda akan menggunakan saluran komunikasi pribadi seperti pertemuan tatap muka, kontak telepon, atau presentasi penjualan pribadi? Atau akankah komunikasi nonpersonal seperti surat kabar, majalah, atau surat langsung bekerja lebih baik?
- Tentukan Tujuan Anda
Perlu diingat bahwa tujuan Anda dalam kampanye promosi sedikit berbeda dari kampanye pemasaran Anda. Tujuan promosi harus dinyatakan mengenai perilaku jangka panjang atau jangka pendek oleh orang-orang yang telah terkena komunikasi promosi Anda. Tujuan-tujuan ini harus dinyatakan, terukur, dan sesuai dengan fase pengembangan pasar.
4.Tentukan Campuran Promosi Anda
Di sinilah Anda perlu mengalokasikan sumber daya untuk promosi penjualan, iklan, publisitas, dan, tentu saja, penjualan pribadi. Jangan berhemat di salah satu area ini. Anda harus menciptakan kesadaran di antara pembeli Anda agar kampanye promosi Anda berhasil. Promosi yang menyeluruh akan menggunakan semua metode ini dalam beberapa kapasitas.
- Kembangkan Pesan Promosi Anda
Anda harus duduk bersama tim Anda dan fokus pada konten, daya tarik, struktur, format, dan sumber pesan. Perlu diingat bahwa banding dan eksekusi selalu bekerja sama dalam kampanye promosi.
- Mengembangkan Anggaran Promosi
Anda sekarang harus menentukan total anggaran promosi. Ini melibatkan penentuan rincian biaya per wilayah dan elemen campuran promosi. Luangkan waktu untuk memecah alokasi dan menentukan keterjangkauan, persentase penjualan, dan paritas kompetitif. Dengan memecah biaya ini, Anda akan mendapatkan ide yang lebih baik untuk mengukur potensi keberhasilan kampanye Anda.
- Menentukan Efektivitas Kampanye
Setelah komunikasi pemasaran ditugaskan, rencana promosi harus didefinisikan secara resmi dalam dokumen tertulis. Dalam dokumen ini, Anda harus menyertakan analisis situasi,platform salinan, jadwal untuk integrasi elemen promosi yang efektif dengan elemen dalam bauran pemasaran Anda. Anda juga perlu menentukan bagaimana Anda akan mengukur efektivitas setelah diimplementasikan. Bagaimana kinerja aktual mengukur hingga tujuan yang direncanakan? Anda harus mengumpulkan informasi ini dengan menanyakan target pasar Anda apakah mereka mengenali atau mengingat pesan iklan tertentu, apa yang mereka ingat tentang pesan, bagaimana perasaan mereka tentang pesan, dan jika sikap mereka terhadap perusahaan dipengaruhi oleh pesan tersebut.
Baca Juga : Pelajari Perbedaan Antara Market Research dan Marketing Research
Tentang kami dan blog ini
Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.
Minta penawaran gratis
Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.
More from our blog
See all postsRecent Posts
- Content Marketing: Definisi, Manfaat, dan Strategi 7 November 2023
- Digital Marketing: Definisi, Tujuan, Jenis, Startegi 4 Oktober 2023
- Google My Business: Cara Mendaftar, Manfaat, dan Tips Optimasi 27 Agustus 2023