Apa itu Riset Periklanan?

No Comments

Apa yang Perlu Anda Ketahui Tentang Riset Periklanan

Riset iklan dilakukan untuk menentukan iklan mana yang paling efektif dengan target audiens Anda. Ini dilakukan selama pengembangan iklan dan untuk menganalisis efektivitas kampanye iklan saat sedang berlangsung.

Pelajari lebih lanjut tentang riset periklanan.

Apa itu Riset Periklanan?

Iklan adalah bagian dari rencana pemasaran Anda yang menggunakan pesan berbayar dan non-pribadi. Pesan-pesan ini dirancang untuk menjangkau kelompok besar pelanggan dan menjual produk atau layanan Anda.

Seperti semua bentuk pemasaran, iklan Anda akan paling sukses jika didasarkan pada penelitian berkualitas tinggi. Ini harus menjadi bagian rutin dari strategi riset pasar Anda.

Sebagian besar penelitian periklanan dilakukan dengan salah satu dari dua cara.

Penelitian internal: Banyak merek melakukan penelitian secara internal. Anda dapat meminta klien untuk mengisi email atau survei web atau menjawab pertanyaan setelah melakukan pembelian atau melacak interaksi layanan pelanggan. Ini dapat memberikan informasi tentang bagaimana mereka menemukan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan dan apakah iklan membawa produk Anda ke perhatian mereka. Jenis penelitian ini juga dapat memberikan informasi tentang kepuasan pelanggan.

Penelitian pihak ketiga:Bekerja dengan perusahaan riset periklanan memastikan informasi Anda independen dan tidak bias. Perusahaan riset juga memiliki sumber daya untuk melakukan penelitian yang lebih luas. Selain survei, mereka dapat mengumpulkan kelompok pelanggan untuk kelompok fokus, menampilkan iklan kepada individu, mengajukan pertanyaan untuk menentukan apa dampak iklan, atau memantau apa yang dilihat peserta secara online setelah terkena iklan.

Apakah Anda melakukan penelitian di rumah atau bekerja dengan perusahaan pihak ketiga kemungkinan akan tergantung pada anggaran Anda, ukuran bisnis Anda, dan informasi apa yang Ingin Anda pelajari.

Setelah Anda memiliki hasil penelitian iklan Anda, itu dapat digunakan untuk membantu Anda memperbaiki metode periklanan Anda, memilih media periklanan yang lebih efektif, dan membuat pesan pemasaran yang akan beresonansi lebih efektif dengan pelanggan Anda. Ini juga dapat memberi tahu Anda di mana dan bagaimana menghabiskan anggaran iklan Anda untuk mendapatkan pengembalian investasi terbaik.

Yang perlu diperhatikan saat melakukan riset iklan adalah :

  • Siapa pelanggan Anda
  • Media iklan yang akan Anda gunakan untuk menjangkau mereka
  • Setiap batasan anggaran dan waktu
  • Pesan pemasaran Anda
  • Tolok ukur untuk sukses

Jenis Penelitian Periklanan

Riset periklanan harus dirancang untuk memberitahu Anda seberapa efektif rencana periklanan Anda dalam menjangkau dan membujuk pelanggan.

Penelitian ini bermanfaat tidak peduli apapun bentuk iklan yang Anda gunakan, termasuk cetak, televisi, radio, dan digital. Penelitian periklanan dapat fokus pada berbagai bidang proses periklanan, termasuk:

Target Pasar

Anda mungkin perlu meneliti kebiasaan dan preferensi target pelanggan Anda sebelum meluncurkan kampanye iklan. Ini membantu mengidentifikasi siapa pelanggan Anda, masalah apa yang mereka miliki, manfaat apa yang mereka cari, dan jenis pesan apa yang akan beresonansi dengan mereka.

Bahkan jika Anda telah berbisnis untuk sementara waktu, meneliti target pasar Anda dapat membantu jika:

– Anda meluncurkan produk layanan yang akan menarik pelanggan baru.

– Anda memperluas pasar Anda.

– Iklan Anda tidak beresonansi dengan target pasar Anda.

Tanggapan terhadap Iklan

Memahami bagaimana orang-orang nyata dalam target demografis Anda menanggapi iklan dapat membantu Anda membuat kampanye iklan yang kuat dan efektif. Dalam jenis penelitian ini, pelanggan diperlihatkan iklan yang berbeda dan ditanya apa pendapat mereka tentang produk yang ditampilkan, apakah mereka akan mempertimbangkan untuk membelinya, dan seberapa baik mereka memahami produk setelah melihat iklan.

Tips: Anda dapat meneliti tanggapan pelanggan terhadap iklan sebelum meluncurkan kampanye dengan menampilkan iklan pesaing kepada target pelanggan Anda. Ini akan membantu Anda memahami respon mereka terhadap iklan dan memposisikan diri Anda untuk menonjol di pasar Anda.

Hasil dan Kesuksesan

Gunakan penelitian untuk mengukur keberhasilan setiap kampanye iklan. Memahami dampak iklan terhadap penjualan, persepsi pelanggan, dan generasi memimpin, serta laba atas investasinya,dapat membantu Anda membuat iklan yang lebih kuat dan memanfaatkan uang Anda dengan lebih efektif. Anda juga dapat menggunakannya untuk membandingkan iklan di berbagai media atau pasar. Ini dapat membantu perusahaan Anda memahami apakah perlu merevisi strategi periklanannya.

Penelitian periklanan tentang keberhasilan kampanye paling efektif ketika kampanye itu memiliki tolok ukur yang jelas untuk sukses serta cara untuk melacak respons pelanggan, seperti kode pemesanan unik, kupon, atau tautan web.

Penelitian periklanan yang dirancang dengan baik tidak hanya akan mempengaruhi strategi periklanan Anda. Seperti halnya komponen campuran pemasaran Anda, tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.

Rangkuman :

– Riset iklan dilakukan untuk menentukan iklan mana yang paling efektif dengan audiens target Anda.

– Hal ini dapat dilakukan di rumah atau dengan perusahaan pihak ketiga.

– Riset periklanan membantu Anda memahami pelanggan Anda, membuat iklan yang lebih kuat dan lebih menarik yang menarik perhatian pelanggan Anda, dan meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis Anda.

Baca Juga : Pengertian & Contoh Market Research

    Tentang kami dan blog ini

    Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

    Minta penawaran gratis

    Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

    More from our blog

    See all posts