Pengertian & Contoh Market Research

No Comments

Market Research adalah pengumpulan dan analisis informasi tentang kelompok pembeli yang dikenal sebagai pasar . Pelajari bagaimana bisnis dapat menggunakan dan memanfaatkannya, jenis riset yang dapat Anda lakukan, dan apa perbedaannya dengan Marketing Research.

Market Research

Apa itu Market Research?

Market Research adalah pengumpulan dan interpretasi data secara sistematis tentang pasar tertentu dari pembeli aktual atau potensial melalui penggunaan metode dan pendekatan analitis. Tujuan dari Market Research adalah untuk memberikan para pengambil keputusan wawasan tentang potensi pasar, yang dapat digunakan dalam perencanaan bisnis, pengembangan produk, dan strategi pemasaran .

Bagaimana Market Research Bekerja?

Baik Anda berniat memasuki pasar konsumen, komersial, atau pengecer, sangat penting untuk mengidentifikasi apa yang dibutuhkan dan diinginkan pasar sebelum Anda memasuki pasar atau mengembangkan produk, layanan, dan pemasaran untuk pasar dan market tersebut. Jika Anda memasuki pasar yang biasa saja, Anda bisa membuang waktu dan uang untuk penawaran yang tidak mungkin ditanggapi oleh pasar Anda. Dengan tujuan itu, bisnis biasanya melakukan Market Research untuk mengukur kelayakan merek atau produk atau layanan tertentu.

Market Research dapat berupa aktivitas terencana apapun yang dapat membantu bisnis memperoleh wawasan tentang pasar dan pelanggan serta pesaing terkait. Prosesnya ada tiga langkah:

  1. Pengumpulan data (Collecting data) : Terdapat dua jenis data yaitu data primer (data yang Anda atau seseorang yang Anda pekerjakan tangkap langsung yang sudah dimiliki) dan data sekunder (data yang sudah dikompilasi yang Anda akses). Ada banyak jenis teknik penelitian yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan data ini, seperti yang akan pada artikel ini.
  2. Menganalisis data (Analyzing data) : Anda biasanya perlu mengatur dan mengurangi (atau menyederhanakan) data dan kemudian mempelajarinya. Misalnya, menghilangkan item dari pertimbangan yang menurut data paling tidak menarik bagi pelanggan, metode analisis statistik yang dikenal sebagai analisis faktor. Anda juga dapat mengelompokkan item yang serupa namun yang saling berkaitan dan penting, yang dikenal sebagai analisis klaster.
  3. Mengevaluasi potensi pasar (Evaluating market potential) : Gunakan temuan Anda untuk mengidentifikasi ukuran pasar, proyeksi pangsa pasar, dan informasi tentang konsumen di pasar, ditambah lagi dengan informasi tentang persaingan, lalu buat keputusan tentang kelayakan dan profitabilitas penawaran Anda terhadap pasar .

Misalnya, katakanlah pengecer pakaian ingin mengevaluasi potensi penambahan sepatu ke jajaran produknya. Untuk memulai, ia mengumpulkan data dengan menggunakan email pelanggan yang telah dikumpulkan melalui program loyalitas toko untuk mendistribusikan survei kepada pelanggan tersebut untuk mengukur minat mereka membeli sepatu dari perusahaan dan fitur apa yang paling ingin mereka ingin dan butuh kan di sepatu tersebut. Perusahaan kemudian menganalisis data dengan mempelajari tanggapan survei dan mengidentifikasi tren minat pelanggan (misalnya, mayoritas responden mungkin menyatakan minatnya untuk membeli alas kaki atletik atau jenis sepatu dengan tipe tertentu). 

Akhirnya, perusahaan menilai profitabilitas memasuki vertikal sepatu dan menggunakan umpan balik untuk memandunya dalam merancang, mengembangkan, dan memasarkan sepatu yang akhirnya mereka jual.

Manfaat Market Research

Ini menguntungkan bagi bisnis untuk melakukan Market Research karena alasan utama ini:

  • Memungkinkan perusahaan untuk mengukur kelayakan produk atau layanan : Market Research memungkinkan bisnis untuk memahami pasar secara mendalam, termasuk ukurannya, perilaku konsumen yang membentuk pasar itu, dan seberapa baik produk atau layanan dapat memenuhi kebutuhan pasar. Melalui wawasan berbasis data yang dikumpulkan melalui Market Research, perusahaan dapat menilai secara objektif apakah masuk akal untuk membawa produk atau layanan ke pasar dan membuatnya berhasil.
  • Menghindari pemborosan waktu dan uang : Dengan menilai kelayakan dan profitabilitas pasar sebelum memasukinya, perusahaan dapat menghindari pengeluaran membayar tenaga kerja dan sumber daya keuangan lainya untuk produk dan layanan sehingga dapat menggunakan biaya untuk kebutuhan lainya agar lebih berhasil.
  • Membantu perusahaan membangun proposisi nilai yang unik : Mengidentifikasi apa yang membedakan perusahaan Anda dari pesaingnya sehingga dapat membantu Anda mendapatkan pijakan di pasar dan membangun loyalitas pelanggan.
  • Memungkinkan perusahaan untuk meningkatkan laba dan pertumbuhannya : Umpan balik atau keuntungan yang Anda peroleh dari Market Research dapat membantu Anda meningkatkan penjualan dan pendapatan serta menunjukkan peluang untuk mengembangkan bisnis Anda di masa depan.

Jenis Market Research

Bisnis dapat mengambil pendekatan kualitatif atau kuantitatif (atau kombinasi keduanya) untuk mengumpulkan data yang diperlukan untuk mendapatkan wawasan pelanggan yang berharga.

Market Research Kualitatif

Ini adalah metode penelitian yang mengungkapkan pengalaman pelanggan, kepercayaan, dan kualitas lain yang tidak dapat dihitung. 1 Market Research kualitatif memerlukan teknik riset terbuka, seperti:

  • Grup fokus (Focus groups) : Ini adalah diskusi langsung atau melalui online, termasuk ada moderator dan beberapa peserta yang berinteraksi satu sama lain sesuai dengan agenda yang ditetapkan oleh moderator.
  • Wawancara satu lawan satu (One-on-one interviews) : Ini adalah sesi tatap muka, online, atau melalui telepon antara perwakilan perusahaan dan peserta eksternal, di mana perwakilan tersebut mengajukan serangkaian pertanyaan kepada peserta untuk mengumpulkan pendapat dan mengidentifikasi tren yang sedang terjadi.
  • Observasi (Observation) : Teknik ini melibatkan pengamatan pelanggan saat mereka membeli atau menggunakan produk atau layanan.

Saran :Jika Anda menggunakan teknik observasi, berusahalah untuk berhati-hati untuk memastikan bahwa kehadiran Anda tidak mempengaruhi perilaku pelanggan.

Market Research Kuantitatif

Pendekatan kuantitatif berusaha mendapatkan data terukur yang dinyatakan dalam angka, dan meliputi:

  • Analisis pesaing (Competitor analysis) : Proses ini melibatkan pengumpulan harga pesaing Anda, mengidentifikasi pangsa pasar mereka, dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka.
  • Survei (Surveys) : Bagikan kuesioner untuk mendapatkan wawasan terukur tentang target pasar Anda , seperti demografi pelanggan.

Catatan : Menggunakan metode tertentu, seperti wawancara juga dapat digunakan untuk mendapatkan wawasan yang terukur jika Anda mengajukan pertanyaan yang menghasilkan data yang dapat dihitung (misalnya, “Berapa banyak yang Anda belanjakan setiap bulan untuk pakaian?”).

Market Research vs. Marketing Research

Baik Market Research maupun Marketing Research melibatkan pengumpulan dan analisis melalui proses investigasi. Tetapi Market Research adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi yang berhubungan dengan pasar tertentu, sedangkan Marketing Research melibatkan pelaporan informasi yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas pemasaran, mulai dari mengidentifikasi peluang pemasaran hingga memecahkan masalah pemasaran.

Marketing Research secara lebih luas mencakup empat P yang terdiri dari (product, price, place, and promotion) bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi untuk memahami preferensi konsumen. Sebaliknya, Market Research secara sempit berfokus hanya pada satu “p” place (tempat), atau perilaku konsumen dalam satu pasar sasaran / target untuk mengukur permintaan pasar.

Misalnya, sebuah perusahaan dapat melakukan Market Research untuk menentukan apakah ada permintaan untuk suatu merek, produk, atau layanan. Hal ini perlu melakukan Marketing Research untuk menyempurnakan kampanye pemasaran atau periklanan, dan untuk mengidentifikasi strategi untuk situasi pemasaran tertentu yang akan dihadapi bisnis.

Market Research :  

-Berfokus pada pasar tertentu

-Sempit hanya mencakup “tempat” dalam bauran pemasaran

-Berusaha mengidentifikasi preferensi konsumen

Marketing Research :

– Berfokus pada mengidentifikasi peluang pemasaran dan memecahkan masalah

– Secara luas mencakup empat p pemasaran

– Berusaha mengidentifikasi permintaan pasar

Kesimpulan :

– Market Research adalah pengumpulan dan analisis informasi tentang kelompok pembeli yang disebut pasar.

– Market Research melibatkan pengumpulan dan analisis data dan kemudian mengevaluasi potensi pasar.

– Dua jenis utama Market Research adalah teknik kualitatif atau terbuka dan teknik kuantitatif yang menghasilkan data terukur.

– Market Research lebih terfokus pada pasar tertentu, sedangkan Marketing Research secara luas berfokus pada mengidentifikasi peluang pemasaran dan memecahkan masalah.

Demikian artikel tentang Market Research, semoga artikel ini dapat membantu anda memahami lebih jauh tentang potensi pasar yang akan anda masuki. Dengan menerapkan tersebutataupun Marketing Research anda bisa lebih matang membidik target pasar yang akan anda masuki. Ditambah dengan dukungan tekhnologi dan Strategy Digital Marketing yang bisa dijalankan dengan mudah dan cepat tentu hasil Research yang anda lakukan bisa segera ditarget dengan dukungan Digital Marketing.

Baca Juga :

Tentang kami dan blog ini

Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

Minta penawaran gratis

Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts