Kapan Waktu yang Tepat Untuk Memulai Bisnis?

No Comments

Mengetahui target pasar Anda dan siap secara finansial adalah kunci untuk Mulai Bisnis.

Memulai bisnis memang tidak pernah mudah. Anda harus memutuskan layanan atau penawaran produk Anda secara matang, seperti apa audiens target Anda dan kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis tersebut.

kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis

Menurut sebuah studi dari Vistaprint, 62% orang di AS ingin menjadi pemilik bisnis. Tetapi berapa banyak yang benar-benar tahu apa yang diperlukan untuk memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis? Dan apakah ini waktu yang tepat dalam hidup mereka untuk memulainya?

“Tidak semua ide itu unik, dan tidak diberikan kepada satu orang saja,” kata Toni Coleman Brown, pendiri Network for Women in Business, dalam wawancara email dengan The Balance. “Orang yang mengambil tindakan [yang] akhirnya menang. Karena itu, segera setelah Anda mendapatkan ide, Anda harus menindaklanjutinya.”

Pengusaha menyebutkan banyak alasan untuk memulai bisnis mereka, termasuk tidak menyukai pekerjaan mereka saat ini, membutuhkan outlet kreatif, atau hanya memenuhi keinginan untuk mendapatkan lebih banyak uang. Terlepas dari apa yang memotivasi Anda, waktu dan alasan untuk mendirikan bisnis harus memiliki tujuan.

Berikut adalah beberapa langkah dan pertimbangan penting untuk menentukan apakah ini waktu yang tepat untuk mewujudkan usaha bisnis Anda.

Teliti dan Temukan Target Audiens Anda

Inti dari setiap ide bagus adalah siapa yang ingin Anda layani. Target audiens Anda terdiri dari orang-orang yang membutuhkan atau menginginkan produk atau layanan Anda dan pada gilirannya dapat membantu bisnis Anda menjadi sukses. Sebuah studi baru-baru ini yang diterbitkan oleh situs konten yang berfokus pada startup Failory menemukan bahwa 90% dari startup gagal. Salah satu alasan utama yang dikutip adalah bahwa produk tersebut tidak cocok untuk pasar yang dipilih.

Untuk mengetahui apakah ada pasar untuk bisnis Anda, melakukan penelitian sangat penting. Menurut Small Business Administration (SBA), kunci untuk menemukan kekuatan dan proposisi penjualan unik Anda dan akhirnya mengidentifikasi target pasar Anda , adalah: Melakukan riset pasar, seperti mengumpulkan data demografi usia, populasi, dan kekayaan.

Menganalisis perilaku konsumen dan tren ekonomi

Saat Anda mengembangkan ide bisnis Anda, surveilah audiens target Anda sesering mungkin untuk memahami bagaimana Anda dapat memecahkan masalah mereka dan memenuhi kebutuhan mereka. Salah satu cara yang layak untuk menemukan audiens target Anda adalah melalui grup Facebook yang terfokus.

Misalnya, Jazmine Thompson mendirikan merek perawatan rambut vegannya Winnie & Co. setelah tidak dapat menemukan produk pelembab untuk rambut putrinya.

“Dalam pencarian saya untuk menemukan produk yang tepat untuk putri saya, saya menyadari ibu-ibu lain mengalami masalah yang sama,” kata Thompson dalam sebuah wawancara telepon dengan The Balance. Untuk mengembangkan produk rambut berbasis vegan untuk anak kecil, Thompson menggunakan keanggotaannya di grup parenting Facebook untuk berkomunikasi dengan ibu lain dan mendapatkan umpan balik tentang kebutuhan mereka. Hal ini pada gilirannya mengilhami dia untuk memikirkan tindakan dan memulai bisnisnya.

Uji Ide Anda di Target Pasar

Jika Anda memiliki ide bisnis, tetapi tidak yakin itu akan berhasil, cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menguji cobanya.

Pada tahun 2019, Tonita White, pemilik Dopely Lit, memiliki ide untuk meluncurkan wewangian rumah, dengan tujuan memasarkan lilin berbahan dasar kedelai kepada siapa yang dia sebut sebagai konsumen “urban”.

“Saya terus kembali ke ide lini wewangian rumah,” kata White kepada The Balance dalam wawancara telepon baru-baru ini. “Saya membutuhkan outlet kreatif, dan saya ingin itu menjadi sesuatu yang saya cintai dan nikmati.”

Ibu kembar yang sibuk ini memutuskan untuk memulai dari yang kecil dan menguji pasar dengan menciptakan dua wewangian. White kemudian membuat anggaran untuk persediaan dan membuka toko pop-up . Setelah mencoba ide bisnisnya dan menyadari bahwa orang-orang menyukai produknya, pengusaha tersebut memutuskan untuk melangkah maju pada tahun 2020. Dia mengembangkan situs web dan kehadiran media sosial untuk menyempurnakan bisnisnya. Selain itu, White memperluas lini produknya dengan memasukkan wewangian liburan dan lelehan lilin.

Apakah Anda Punya Waktu, Tenaga, dan Sumber Daya untuk Memulai Bisnis?

Jika Anda siap untuk meluncurkan bisnis, Anda perlu memiliki waktu untuk mencurahkannya, energi untuk melewati masa-masa sulit, sumber daya keuangan, dan jaringan yang akan mendukung usaha Anda.

Waktu dan Energi

Meskipun Anda mungkin ingin memulai bisnis Anda, waktu adalah faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan, terutama dalam hal rumah dan kehidupan profesional Anda.

Misalnya, Anda adalah ibu rumah tangga dengan anak kecil tetapi tidak memiliki banyak pilihan penitipan anak. Meluncurkan bisnis yang mengharuskan Anda tersedia untuk klien sepanjang hari mungkin bukan pilihan yang realistis. Atau, jika Anda memiliki profesi yang menuntut, meluncurkan bisnis yang juga menuntut dapat menyebabkan Anda cepat lelah.

Anda harus tetap percaya pada nilai ide Anda. Pertimbangkan saja bagaimana Anda dapat memenuhi visi Anda dengan cara yang lebih masuk akal.

Jika jadwal Anda terbatas karena tanggung jawab lain, buatlah jadwal yang bisa diterapkan dan efisien untuk mengelola bisnis Anda. Ini akan membantu Anda merasa termotivasi untuk tetap berbisnis sambil juga mengelola operasi Anda secara efektif.

“Kesabaran itu penting,” kata Teresa Satchell, pelatih strategi bisnis dan pendiri Kingdom Legacy Partnerships, melalui telepon ke The Balance. “Ada musim kehidupan dan musim dalam bisnis. Karena kehidupan atau keadaan, Anda harus menyesuaikan atau memberikan lebih sedikit layanan, tetapi itu tidak berarti Anda berhenti.”

Sumber keuangan

Bagaimana Anda berencana mendanai bisnis baru Anda? Bagi banyak pengusaha, meluncurkan bisnis berarti membuat anggaran untuk struktur hukum, biaya operasi, pemasaran, dan persediaan. Dan sebagai bagian dari menjalankan bisnis Anda, Anda akan memiliki pengeluaran berulang .

Jumlah uang yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis Anda sangat bergantung pada jenis operasi yang Anda bangun. Misalnya, seorang pengusaha yang memulai sebuah blog akan memiliki biaya yang sangat sedikit. Namun, seseorang yang meluncurkan bisnis yang membutuhkan etalase atau banyak peralatan akan membutuhkan rencana bisnis dan kredit yang baik untuk membiayai ide mereka.

Saat Anda mempertimbangkan apakah sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis Anda, tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan keuangan penting ini:

  • Berapa banyak uang yang Anda simpan untuk mendanai bisnis Anda?
  • Seperti apa kredit Anda, dan apakah itu akan membantu atau menghalangi Anda untuk memulai bisnis Anda?
  • Jika kredit Anda tidak bagus, apa yang perlu Anda lakukan untuk membangun kredit Anda sehingga Anda siap untuk meluncurkan bisnis Anda?
  • Apa modal awal yang Anda butuhkan untuk mendanai bisnis Anda?
  • Berapa pengeluaran bisnis Anda?
  • Bagaimana meluncurkan bisnis ini akan membantu atau merugikan keuangan pribadi Anda (terutama jika Anda berhenti dari pekerjaan untuk memulai bisnis ini)?

Dukungan Jaringan

Kemampuan untuk berjejaring dengan orang lain—melalui saluran sosial seperti LinkedIn dan organisasi profesional terkait industri sangat penting untuk memulai bisnis.

“Sebelum memulai bisnis, bicarakan dengan konsultan bisnis untuk membantu Anda membuat pilihan yang bijaksana,” kata Satchell. “Kewirausahaan adalah sebuah perjalanan. Terhubung dengan orang-orang dalam kemitraan yang tepat akan mendorong Anda ke tingkat berikutnya. Anda perlu bertemu orang yang tepat dan membuat koneksi.”

Pertimbangan Musiman

Waktu dalam setahun juga dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk memulai bisnis. Beberapa orang mungkin memulai bisnis di awal tahun karena keyakinan akan awal yang baru terkait dengan tahun baru. Sementara itu, yang lain mungkin percaya bahwa membangun bisnis harus terjadi ketika pasar cocok untuk menerima penawaran mereka.

Misalnya, jika Anda seorang pembuat roti, masuk akal untuk mulai merencanakan bisnis sebelum hari raya atau hari besar lainya, Anda dapat memasarkan penawaran bisnis Anda dengan acara mencicipi agar siap untuk musim liburan seperti lebaran dan natal .

Pastikan Anda Membuat Rencana

Apa pun industri Anda, cara terbaik untuk meluncurkan bisnis adalah dengan mengembangkan rencana bisnis yang kuat dan strategis serta realistis dalam kemampuan Anda untuk menjalankan dan mempertahankannya. Menjalankan bisnis, bagaimanapun membutuhkan dedikasi dan pemahaman tentang audiens target Anda, prospek ekonomi industri Anda, dan kemampuan keuangan Anda sendiri.

Namun, rencana bisnis yang kuat, lengkap dengan persaingan dan analisis pasar Anda, dapat memperkuat visi Anda dan membantu mengubah ide Anda menjadi kenyataan pada saat yang tepat bagi Anda. sehingga anda yakin ini adalah waktu yang tepat untuk memulai bisnis.

Dukungan Strategi Pemasaran Secara Digital

Dengan adanya perkembangan teknologi dan komunikasi dukungan digital marketing sangat berpengaruh untuk memaksimalkan bisnis anda. Menggunakan digital marketing dapat membantu anda untuk memulai penargetan audiens dan mengetahui demografi calon pelanggan di dunia digital. Dengan biaya promosi yang lebih terjangkau, bisnis anda akan berpotensi lebih cepat dikenal pelanggan.

Tentang kami dan blog ini

Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

Minta penawaran gratis

Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts