Memahami Apa itu Digital Marketing, Tujuan dan Medianya

No Comments

Apa yang dimaksud dengan Digital Marketing?

Digital Marketing adalah pemasaran digital mencakup semua aspek dan aktivitas pemasaran suatu organisasi, bisnis, atau merek di seluruh saluran digital di internet. Strategi dan taktik pemasaran digital dibuat untuk menargetkan audiens online tertentu di berbagai perangkat yang terhubung ke internet.

Pemasaran digital mencakup pengoptimalan di seluruh mesin pencari (seperti Google dan Bing), visibilitas dan keterlibatan pada platform media sosial, komunikasi pemasaran email, desain dan pengembangan situs web, dan aplikasi terintegrasi untuk terhubung dan terlibat dengan prospek dan pelanggan.

Apa Tujuan Digital Marketing?

tujuan_digital_merketing
Tujuan Digital Marketing

Tujuan utama Digital Marketing adalah untuk meningkatkan pangsa pasar secara Digital untuk meningkatkan jumlah pelanggan melalui berbagai saluran digital sehingga menghasilkan peningkatan interaksi yang akhirnya dapat dijadikan konversi untuk menambah penjualan.

Apa Saja Media yang Digunakan ?

  1. Website
digital_merketing__website
Website

Website sangat berperan dalam menunjukkan profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda menjadi lebih mudah dan jelas, selain menjadi media promosi memiliki website menjadi lebih mudah menginformasikan bisnis anda kepada lebih banyak orang. 

Beberapa manfaat website adalah :

  • Untuk membangun personal branding.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen.
  • Untuk memperkenalkan produk atau jasa.
  • Sebagai wadah untuk membagikan sumber informasi kepada publik
  • Mendapatkan trafik dari audiens sesuai minat.

2. Search Engine Marketing (SEM)

digital_merketing_seo
SEM / SEO

SEM atau search engine marketing merupakan sebuah kegiatan marketing di mana seseorang menggunakan layanan iklan berbayar yang kemudian muncul dalam halaman pencarian google. search engine marketinmerupakan sebuah metode yang biasa diterapkan dalam dunia internet marketing. 

Perlu dipahami, Selain SEM ada juga istilah Search Engine Optimization (SEO) yang berarti upaya untuk membuat website mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan sebelumnya. SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan murah namun dapat bertahan secara konsisten berdasarkan kata kunci yang ditentukan. Sedangkan SEM berbayar dan lebih cepat namun tergantung dengan anggaran biaya yang anda tentukan untuk melakukan SEM.

3. Social Media Marketing (SMM)

digital_merkrting_sosial_media
Sosial Media

Social Media Marketing (SMM) adalah strategi marketing melalui sosial media untuk terlibat dengan pelanggan yang sudah ada dan menjangkau pelanggan baru yang ditargetkan sesuai jenis bisnis. Social Media Marketing (SMM) biasa digunakan untuk  mempromosikan sebuah produk, jasa atau produk lain yang lebih spesifik untuk mendapatkan konversi sesuai tujuan. Saat ini juga sudah tersedia berbagai platform sosial media yang menawarkan layanan pemasangan iklan (bersponsor) melalui platform masing-masing. Beberapa platform Social Media Marketing (SMM) yang biasa digunakan adalah :

  • Facebook Ads / Instagram Ads
  • Instagram Ads
  • TikTok Ads
  • Twitter Ads
  • LinkedIn Ads
  • Youtube Ads

4. Iklan Online (Online Advertising)

digital_marketing_ppc
pay per click

Iklan Online (Online Advertising) adalah sebuah cara promosi secara digital melalui internet dengan sistem berbayar yang dapat ditentukan anggaran harian hingga bayar per klik atau istilah ini biasa disebut pay per click (ppc). Beberapa jenis Iklan Online (Online Advertising) yang bisa digunakan adalah Google Ads, Bing Ads, Yandex.

Iklan online ini memiliki berbagai jenis kampanye yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan pengiklan. Misalnya beberapa jenis iklan yang disediakan oleh Google antara lain :

  • Iklan Pencarian (Search)
  • Google Display Network (GDN) / Iklan Banner
  • Iklan Video Youtube
  • Iklan Lokasi Bisnis
  • Iklan Aplikasi
  • Iklan Native Otomatis

5. Email Marketing

email_digital_marketing
Email Marketing

Email marketing adalah salah satu strategi marketing menggunakan email yang banyak dimanfaatkan baik perorangan atau perusahaan untuk melakukan pemasaran. Biasanya email marketing dilakukan untuk memberitahu informasi terbaru mengenai promosi atau diskon yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru dari bisnis anda. Cara ini sangat efektif jika anda sudah memiliki lead atau daftar email pelanggan anda. 

6. Video Marketing

digital_marketing_vidio
Video Marketing

Video marketing adalah metode marketing yang memanfaatkan video yang dirancang sedemikian rupa sesuai jenis bisnis yang kemudian dibagikan atau diiklankan melalui platform online sebagai media utamanya. Video marketing biasa dibagikan melalui berbagai platform video online dan media sosial seperti YouTube, Facebook, dan Instagram. Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan testimonial pelanggan.

Demikian artikel mengenai pemahaman, tujuan serta media apa saja yang digunakan untuk melakukan strategy Digital Marketing. Setelah membaca dan memahami lebih dalam mengenai Digital Marketing, apa yang anda pikirkan? Apakah anda tertarik untuk segera melakukan pemasaran menggunakan digital marketing. Jika anda saat ini masih bingung dan akan memulainya dari mana, Tidak perlu khawatir, Bramasta.id sebagai Digital Marketing Agency siap melayani seluruh kebutuhan anda. Hubungi kami segera untuk mendapatkan layanan konsultasi digital marketing gratis.

Baca Juga : Inilah 4 Tips Digital Marketing Pemula

Tentang kami dan blog ini

Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

Minta penawaran gratis

Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment