Apa itu MROC – Market research online communities?

No Comments

Market research online communities (MROC) adalah alat market research yang berharga dengan menggunakan kelompok orang yang ditargetkan untuk riset pasar kualitatif.

Perusahaan atau penyedia layanan riset pasar menggunakan MROC untuk melakukan penelitian kualitatif,yang merupakan pengumpulan data non-numerik seperti pendapat atau tanggapan. Mereka melakukan penelitian ini di platform online pribadi, kemudian menggunakan hasilnya digunakan untuk membantu meningkatkan bisnis.

Consumer_Profile

Bagaimana Cara Kerja MROC?

MROC membantu perusahaan memahami pola pikir target pasar mereka. Oleh karena itu, siapapun yang mereka sertakan dalam penelitian mereka merupakan faktor penting ketika membangun MROC.

Untuk membentuk komunitas riset pasar online / MROC, anggota potensial disaring berdasarkan kriteria spesifik yang ditentukan sebelumnya oleh tim peneliti. Mereka yang lulus penyaringan dikumpulkan ke dalam kelompok online, seperti di forum pribadi atau kelompok diskusi. Anggotanya seperti pemangku kepentingan, seperti pelanggan merek, atau mereka mungkin memiliki karakteristik demografis tertentu.

Setelah komunitas disusun, perusahaan dapat mengirim survei ke MROC ini atau melibatkan mereka dalam diskusi yang dimoderasi, dan jawabannya dicatat dan dianalisis oleh para peneliti atau analis. Responden juga dapat menjawab jajak pendapat yang cepat dan singkat, berbagi wawasan dan menyumbangkan ide juga.

Sifat online dari komunitas ini mengurangi hambatan geografis dan kendala logistik, memungkinkan respons yang lebih cepat dan wawasan yang lebih cepat daripada metode tradisional dan langsung.

Namun, mungkin sulit untuk mempertahankan keterlibatan, membutuhkan perekrutan berkala untuk menggantikan anggota yang telah keluar.

Tips: Untuk mendorong partisipasi dalam MROC, beberapa perusahaan memberikan insentif seperti entri undian (provide incentives) atau menggunakan strategi gamification untuk memacu keterlibatan.

MROC mungkin sedang berlangsung, mengumpulkan orang untuk proyek jangka panjang, atau mereka mungkin ad hoc, di mana komunitas instan berkumpul untuk proyek-proyek jangka pendek dan kemudian dibubarkan ketika tujuan terpenuhi.

Misalnya, perusahaan pakaian mungkin mengundang pelanggan setia untuk menjadi bagian dari komunitas riset pasar online mereka dengan menawarkan gambar untuk kartu hadiah. Setelah skrining, responden yang dipilih menjadi bagian dari komunitas merek, di mana mereka ditawari kesempatan untuk mengisi survei dan berpartisipasi dalam forum online dengan anggota lain. Dan mereka mungkin, berdasarkan karakteristik yang dilaporkan sendiri, diminta untuk memberikan pendapat mereka tentang penawaran tertentu untuk musim mendatang, seperti sweater pria.

Semua interaksi terjadi di platform komunitas online tertutup perusahaan, sehingga memudahkan responden untuk menjawab pertanyaan kapan pun dan tetap nyaman bagi mereka.

Ongoing, branded MROC

MROC yang sedang berlangsung dirancang untuk studi jangka panjang, biasanya berlangsung selama berbulan-bulan. Komunitas-komunitas ini adalah platform yang sangat baik untuk tanggapan pemberitahuan singkat terhadap pertanyaan surveitertentu, terutama untuk masalah yang tiba-tiba muncul, karena kelompok ini sudah terbentuk. Mereka juga berfungsi dengan baik untuk membangun merek dan inovasi crowdsourcing.

Dengan target pasar tertentu sebagai fokus mereka, branded MROC (komunitas yang diselenggarakan di sekitar pelanggan dari merek tertentu) dapat digunakan oleh peneliti pasar untuk mempelajari lebih lanjut tentang sikap, sentimen,dan minat konsumen. Pendekatan yang khas adalah proyek aliran kesadaran (di mana pikiran dan pendapat pelanggan dicatat secara berkelanjutan) yang hanya dapat dikelola dengan target pasar yang spesifik dan konstan.

Ingat : Data survei yang berasal dari MROC adalah data kualitatif, bukan data kuantitatif. Sangat mudah bagi non-peneliti untuk salah mengira data survei sebagai kuantitatif (atau berbasis angka) karena tanggapan sering dilaporkan melalui penggunaan skala bernomor.

MROC bermerek yang sedang berlangsung dapat digunakan secara efektif untuk mengumpulkan data longitudinal (data yang berulang kali dikumpulkan dari waktu ke waktu) yang membutuhkan aliran input yang berkelanjutan. Agar jenis upaya ini dapat dipertahankan secara efektif, organisasi atau perusahaan harus dapat berinvestasi seorang staf yang berdedikasi yang dapat mengawasi kesetiaan manajemen comunity.

Ad hoc MROC

Ad hoc MROC -> MROC jangka pendek cenderung menjadi forum yang menyenangkan dan aktif dengan beragam peserta. Karena proses penyaringan biasanya cepat dan tidak ketat, anggota mungkin memiliki banyak kesamaan. Dan karena pengaturannya yang cepat dan mudah, MROC ad hoc juga cenderung hemat biaya.

Jenis tujuan penelitian yang berhasil dengan baik dengan MROC instan termasuk pengujian konsep, pertanyaan useability,dan reaksi terbuka untuk satu set terbatas rangsangan. Juga, kriteria utama dari tujuan penelitian adalah bahwa mereka tidak rumit dan bahwa mereka akan meminjamkan diri untuk metode penelitian tradisional jika biaya dan waktu tidak masalah.

  • MROC adalah komunitas riset pasar online, juga dikenal sebagai komunitas wawasan.
  • MROC dapat jangka panjang atau ad hoc, tergantung pada tujuan penelitian organisasi.
  • Komunitas online ini dibentuk untuk mengumpulkan data penelitian kualitatif yang kemudian digunakan untuk mendorong strategi bisnis.

Baca Juga :
Pengertian & Contoh Market Research
Pelajari Perbedaan Antara Market Research dan Marketing Research

    Tentang kami dan blog ini

    Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

    Minta penawaran gratis

    Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

    More from our blog

    See all posts

    Leave a Comment