Kapan Harus Menyewa Perusahaan Pemasaran?

No Comments

Kapan Harus Menyewa Perusahaan Pemasaran dan Bagaimana Memilih yang Tepat?

Perusahaan pemasaran adalah perusahaan mana pun yang membantu bisnis dengan membuat, menerapkan, dan mempertahankan strategi pemasaran. Perusahaan-perusahaan khusus ini berada di luar kontraktor yang dapat disewa oleh bisnis dalam berbagai ukuran dan dalam industri apa pun untuk meningkatkan upaya pemasaran mereka.

Jika bisnis Anda membutuhkan bantuan untuk membuat rencana pemasaran yang efektif, Anda dapat memperoleh manfaat dari bekerja dengan perusahaan pemasaran.

Apa yang dilakukan perusahaan pemasaran?

Perusahaan pemasaran membantu klien mereka membuat dan menerapkan strategi pemasaran yang sukses. Ini sering dimulai dengan riset pemasaran untuk memahami apa yang ada dan tidak bekerja dalam rencana pemasaran saat ini, diikuti oleh penelitian demografis untuk menciptakan profil pelanggan ideal yang lengkap.

Setelah memiliki gambaran yang jelas tentang siapa Anda memasarkan dan apa yang telah Anda coba lakukan untuk menjangkau mereka, perusahaan pemasaran membantu Anda mengembangkan strategi pemasaran secara keseluruhan, membuat dan menerapkan rencana untuk kampanye pemasaran tertentu, dan menganalisis keberhasilan kampanye tersebut.

Anda juga dapat menyewa perusahaan pemasaran untuk menyediakan layanan tertentu, seperti telemarketing atau riset pasar. Anda dapat mempertahankan layanan mereka untuk proyek tertentu atau mempekerjakan mereka secara punggawa untuk membantu Anda selama periode waktu tertentu. Anda juga dapat menyewa konsultan individu atau freelancer dengan keterampilan pemasaran spesialis untuk merencanakan dan mengelola proyek.

Tujuan bekerja dengan perusahaan pemasaran adalah untuk mengubah audiens target Anda menjadi pelanggan, mempertahankan basis pelanggan Anda saat ini, meningkatkan penjualan dan pendapatan, dan mengembangkan bisnis dan merek Anda.

Berbagai Jenis Perusahaan Pemasaran

Ada beberapa jenis perusahaan pemasaran, dan masing-masing jenis mengkhususkan diri dalam strategi pemasaran yang berbeda, demografi pelanggan, industri, dan ukuran bisnis.

Marketing consultancy (Konsultasi pemasaran): Konsultan pemasaran mengaudit rencana pemasaran Anda dan menawarkan saran. Agen konsultan biasanya tidak terlibat langsung dalam implementasi rencana pemasaran. Sebaliknya, mereka melakukan analisis mendalam tentang rencana tersebut dan menyajikan strategi baru yang dapat Anda terapkan, seperti meluncurkan produk baru atau menangkap pasar potensial baru.

Direct marketing (Pemasaran langsung): Perusahaan pemasaran langsung membantu Anda merencanakan dan mengelola kampanye surat langsung. Mereka sering memberi Anda milis yang sesuai dengan target pasar Anda, serta merancang dan menulis item surat langsung. Perusahaan pemasaran langsung juga menangani mengirimkan barang atas nama Anda dan mengukur respons konsumen terhadap kampanye.

– Telemarketing: Perusahaan telemarketing menyediakan layanan pemasaran berbasis telepon dengan bertindak sebagai call center untuk bisnis Anda. Banyak dari perusahaan-perusahaan ini beralih dari panggilan darurat ke panggilan smartphone atau pitches teks.

Digital marketing (Pemasaran digital): Perusahaan pemasaran digital membantu Anda memanfaatkan internet, email, atau media sosial dalam bauran pemasaran Anda. Perusahaan-perusahaan ini akan memberitahu Anda tentang cara menggunakan media sosial, meningkatkan optimisasi mesin pencari situs web Anda, meluncurkan layanan e-commerce, dan menerapkan strategi pemasaran email untuk berkomunikasi lebih efektif dengan pelanggan dan prospek.

Marketing communications (Komunikasi pemasaran): Pakar komunikasi pemasaran membantu materi komunikasi seperti brosur, panduan produk, buletin, dan majalah pelanggan. Mereka menyediakan layanan penulisan, desain, dan produksi, serta strategi untuk cara terbaik untuk menjangkau audiens target Anda untuk acara mendatang atau peluncuran produk baru.

Tujuh Pertanyaan untuk Ditanyakan Sebelum Menyewa Perusahaan Pemasaran

Memilih perusahaan pemasaran yang tepat tergantung pada beberapa faktor, termasuk industri Anda, target audiens, ukuran, tujuan, dan anggaran.

Jika Anda menyewa perusahaan pemasaran untuk pertama kalinya, pelajari tentang dengan siapa Anda akan bekerja dan apa yang diharapkan sebelum membuat keputusan dengan mengajukan pertanyaan strategis.

1. Jenis bisnis atau industri apa yang pernah Anda tangani sebelumnya? Anda ingin bekerja dengan bisnis yang memahami industri Anda dan sudah memiliki wawasan tentang apa yang berhasil menjangkau pelanggan di ruang itu. Anda juga ingin memeriksa bahwa mereka telah bekerja dengan bisnis seukuran Anda sebelumnya. Pemasaran perusahaan besar sangat berbeda dari pemasaran bisnis kecil, dan perbedaan-perbedaan itu akan tercermin dalam strategi dan anggaran.

2. Apakah Anda mengkhususkan diri dalam menjangkau audiens tertentu? Memahami target pasar Anda adalah kunci untuk menciptakan promosi yang sukses. Jika perusahaan pemasaran tidak terbiasa dengan perilaku dan nilai-nilai audiens Anda, mereka cenderung tidak menggunakan strategi pemasaran yang akan berhasil menjangkau dan membujuk konsumen yang ingin Anda konversi menjadi pelanggan.

3. Perencanaan spesifik apa yang perlu kita selesaikan di akhir kita sebelum Anda dapat memulai pekerjaan Anda? Perusahaan yang Anda sewa mungkin membutuhkan Anda untuk memberikan berbagai informasi konkret, seperti analisis inventaris atau riset pasar tertentu, sebelum mereka dapat memulai pekerjaan mereka.

4. Bagaimana kolaborasi dan komunikasi klien ditangani? Setiap kali Anda bekerja dengan perusahaan atau konsultan luar, Anda membutuhkan seseorang yang dapat Anda jangkau dengan mudah dan yang berkomunikasi dengan jelas. Pastikan Anda tahu siapa orang penting sehari-hari Anda, serta siapa yang bertanggung jawab atas akun Anda atau di mana harus mengambil masalah gambaran besar.

5. Indikator kinerja utama apa yang Anda fokuskan ketika datang ke pekerjaan klien? Jika Anda menghabiskan waktu dan uang untuk bekerja dengan perusahaan luar, Anda ingin melihat hasilnya. Tentukan dari awal bagaimana hasil tersebut akan diukur dan dianalisis, serta hasil apa yang dapat Anda harapkan.

6. Apa praktik pelaporan Anda? Tetapkan harapan yang jelas untuk seberapa sering Anda akan menerima laporan dan informasi apa yang akan dikandungnya. Dalam beberapa kasus, pelaporan akan tergantung pada jenis perusahaan tempat Anda bekerja. Jika Anda menyewa konsultan pemasaran untuk menganalisis rencana pemasaran Anda, mereka akan melaporkan kembali kepada Anda pada akhir usaha mereka. Tetapi jika Anda menyewa perusahaan untuk melakukan kampanye digital, perusahaan harus melaporkan secara teratur dan sering.

7. Jika Anda bisa memetakan tiga bulan pertama bekerja dengan perusahaan Anda, seperti apa bentuknya? Sebelum Anda setuju untuk bekerja dengan perusahaan pemasaran, Anda memerlukan gambaran tentang apa yang diharapkan dan bagaimana perusahaan bermaksud untuk memulai pekerjaan mereka. Anda ingin menemukan perusahaan yang sudah memiliki gagasan tentang di mana harus memulai yang sesuai dengan model dan harapan bisnis Anda secara keseluruhan.

Pemasaran sangat penting untuk pertumbuhan dan kesuksesan bisnis. Jika Anda berjuang untuk menciptakan bauran pemasaran yang sukses, pertimbangkan untuk menyewa perusahaan pemasaran. Apakah Anda memilih perusahaan besar dengan staf 500 atau bisnis butik dengan staf lima, jika mereka dapat menunjukkan kepada Anda bagaimana berhasil menjangkau konsumen dan mengubahnya menjadi pelanggan, investasi akan menjadi keputusan bisnis yang cerdas.

Baca Juga : 7 Cara Merencanakan Kampanye Promosi yang Sukses

Tentang kami dan blog ini

Kami adalah Digital Marketing Agency Indonesia  dengan fokus membantu pelanggan kami mencapai hasil yang luar biasa di beberapa bidang utama.

Minta penawaran gratis

Kami menawarkan layanan SEO profesional yang membantu situs web meningkatkan skor pencarian organik secara drastis untuk bersaing mendapatkan peringkat tertinggi bahkan dalam hal kata kunci yang sangat kompetitif.

More from our blog

See all posts

Leave a Comment